Manfaat Kubis atau Kol untuk Keshetan Tubuh

Manfaat Kubis atau Kol untuk Keshetan Tubuh -  Apakah anda sudah tau bahwa sayuran sehat yang sehari-hari kita jumpai yang bernama kubis atau kol ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan kita? Kubis atau kol ini tumbuh subur di daerah dataran tinggi, dan untuk pengembangannya pun cukup mudah. Kubis yang banyak manfaat ini bisa dipanen setiap 3 bulan sekali. Jenis sayuran ini memang berbentuk seperti buah dengan kumpulan daun yang melingkar rapat di tengah. Kubis yang sudah siap panen memiliki ciri demikian, bila dipegang sudah terasa padat. Dikarenakan semakin ke dalam daun akan semakin muda. Banyak sekali sumber gizi yang ada di dalamnya, seperti anti oksidan, vitamin A, vitamin C, dan sumber serat. Dari berbagai kandungan itu manfaat kubis untuk kesehatan tubuh semakin jelas.

Manfaat Kubis atau Kol untuk Keshetan Tubuh

Jenis kubis pun ada 2 macam, yaitu kubis biasa dan kubis merah. Kubis biasa yakni kubis yang biasa kita tahu pada umunya sedangkan kubis merah kubis yang berwarna merah.

Manfaat Kubis atau Kol untuk Keshetan Tubuh

Manfaat Kubis atau Kol untuk Keshetan Tubuh
Kandungan gizi dan serat pun hampir sama namun dalam kubis merah lebih banyak akti oksidan. Kandungan ini  dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita. Bila anda ingin hidup sehat, mulailah menyukai kubis atau kol ini. Cara menyantapnya pun cukup mudah, kubis bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah ataupun diolah menjadi makanan. Jika anda suka pada saat mentah itu akan jauh lebih baik, karena kandungan vitamin dan serat masih terjaga. Namun bila anda ingin menyantapnya dalam keadaan masak, sebaiknya jangan terlalu lama dipanaskan. Hal ini akan membuat kandungan vitamin dan serat terutama menjadi berkurang.

Tips mengetahui kubis yang bagus :
  • Pilih kubis yang tidak terlalu mengkilap karena pada umumnya sudah terkena pestisida, kubis yang ada lubang-lubang bekas ulat lebih sehat. Anda bisa membuang daun bagian luar yang telah rusak dan bisa memakai daun yang lebih dalam lagi.
  • Kubis yang terlalu lama terkena sinar matahari akan menjadi kusam atau hitam. Hal ini juga akan membuat kubis tidak segar lagi karena terlalu lama dalam keadaan panas. 
  • Pilihlah kubis yang padat dan keras karena lapisan daun yang lebih dalam masih sangat bagus jika begitu.

Demikian artikel tentang Manfaat Kubis atau Kol untuk Keshetan Tubuh yang bisa kami berikan, baca juga aritkel lainnya jenis makanan untuk menurunkan kolestrol. Bila anda suka postingan ini silahkan share url postingan ini ke sosial media, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Kubis atau Kol untuk Keshetan Tubuh